Friday, July 15, 2011

Contoh Laporan Mos

MASA ORIENTASI SISWA
AMPUHKAH PADA KITA?

Name         : Robby Lumenta
Class          : XI IPS
Number     : 17
Date           : 25th July 2010



Kata Pengantar
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat dan Nikmat-Nya, serta tidak lupa terima kasih untuk segala informan dan rekan-rekan,sehingga saya (Robby Lumenta) dapat menyusun makalah ini yang merupakan suatu syarat untuk memenuhi nilai dalam kegiatan MOS.
Oleh karena itu Makalah ini di buat dan disusun untuk mengembangkan dan menyumbangkan pengetahuan, pemahaman terhadap pengetahuan mengenai kegiatan Masa Orientasi Siswa yang disebut dengan MOS.
MOS atau Masa Orientasi Siswa selalu dilakukan sekolah-sekolah setiap tahunnya untuk menyambut murid yang baru dengan berbagai macam kegiatan. Namun terkadang kita tidak mengerti untuk apa kegiatan MOS dilaksanakan dan apa isinya terutama MOS di Candle Tree School.
 Saya telah berusaha dengan sebaik mungkin dalam menyusun makalah ini agar dapat mudah dimengerti dan dipahami. serta menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi peningkatan kualitas penulis dan makalahnya.
 Semoga Tuhan Allah Yang Maha Pengasih dan penyayang selalu memberikan petunjuk kepada kita dalam pembentukan generasi yang maju. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.                          
                                                                                                   Serpong, 25 July 2010

                                                                                                                   Penulis(Robby Lumenta)


DAFTAR ISI
Table of Contents

I.Pembuka

I.1. Kata Pengantar……………………………………….................................02
I.2Daftar Isi………………………………………..…………………………...03

II.Isi

II.1. Tujuan………………………………………………………………………04
II.2. Ringkasan ……………….………………………………………………….04
II.3 Isi Laporan ……………….…………………………………………………06

III.Penutup
III.1. Kesimpulan ………………………………………………………………06
III.2. Glosarium…………………….…………………………………………..07
III.3. Daftar Pustaka……………………………………………………………07












II.1 TUJUAN(SASARAN)
Masa Orientasi Siswa atau yang sering disebut MOS adalah pembinaan kepada siswa dan siswi untuk memebentuk pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Hal ini ditujukan kepada siswa dan siswi yang baru lulus SMP dan baru menjajaki rasanya atmosfer di SMA. Sehingga perlu ada pembinaan. OSIS (Organisasi Intra Sekolah) SMA yang menjalankan kegiatan ini. Hampir seluruh sekolah di Indonesia menjalankan kegiatan ini. Namun di Candle Tree School memiliki ciri khas tersendiri dan pada periode pelajaran tahun 2010/2011 baru dilaksanakan. MOS di SMA Candle Tree berlangsung selama seminggu dan tidak hanya murid baru tetapi seluruh murid wajib mengikuti kegiatan ini. Karena kegiatan ini dinilai berguna kepada seluruh murid. Untuk murid baru mengikuti kegiatan MOS lebih lama dibandingkan siswa lainnya.


II.2. RINGKASAN

Para siswa diajarkan berbagai macam hal agar siswa dapat termotivasi untuk rajin belajar di sekolah. Hal-hal yang diajarkan dalam kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) adalah:

Motivasi belajar

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri yang menghasilkan kegiatan belajar.

3 kata kunci:
1.      Menimbulkan
Pada dasarnya dalam diri kita ada keinginan besar untuk belajar, hal itu adalah naluri alamiah kita sebagai manusia.
2.      Menjalin kelangsungan
Ada banyak factor yang menghambat bahkanmenghentikan keinginan atau motif untuk belajar. Inilah masalah utama bagi belajar.
3.      Arah
Motivasi itu bagaikan mesin dan kemudi. Ia menggerakan dan membutuhkan arah. Ketidakjelasan arah telah menjadi penghambat kita untuk belajar.


Yang harus kita perhatikan untuk membentuk kepribadian kita yang baik adalah:
1.      Apa yang kamu tonton?
2.      Apa yang kamu baca?
3.      Apa yang kamu dengar?
4.      Lingkungan temanmu
5.      Memiliki mentor




APA PERBEDAAN MOTIF DAN MOTIVASI?

Motif adalah daya penggerak di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Motivasi adalah motif yang sudah diaktifkan di dalam diri kita.

Para pembunuh motif belajar kita adalah
1.      Keluarga
-Tidak memberi teladan
-Tidak kondusif untuk belajar
Respon kita: ~Temukan
                      ~Maafkan
                      ~Kerjasama
2.      Gambar diri yang salah
Ter”stigma” membandingkan diri secara negative
Respon kita:
- Mematahkan segala stigma negative
- Melihat kelebihan dan keunikan kita.
- Mengembangkan gambar diri yang benar
3.      Teman
Memberi pengaruh negative
Respon kita: Memiliki teman yang benar dan menjadi teman yang benar.
4.      Media
Membuat malas dan menyiakan waktu. Juga membuat kita tidak kreatif.
Respon kita : Menentukan acara dan waktu yang tepat dan menggunakan media sebagai teman belajar.
Amsal 19:2 mengatakan bahwa tanpa pengetahuan kerajinanpun tidak baik.
5.      Ketidakjelasan arah

KEPEMIMPINAN

·         Kepemimpinan ada dimanapun dan dijunjung tinggi di CTS
·         Kepemimpinan adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain. Tidak harus berada di dalam jabatan yang tinggi atau organisasi.
·         Membawa para penganutnya ke jalan yang benar dan dengan tujuan yang benar.
·         Memiliki semangat untuk melayani.

Pemimpin memiliki sifat sebagai berikut:
·         Proaktif: orang-orang bisa menemukan kesempatan emas disegala kondisi.
·         Merujuk pada tujuan akhir: Secara mental dan fisik menuju ke misi kita.
·         Memprioritaskan hal yang terpenting dan terdekat.
·         Berfikir menang/menang. Pemimpin yang baik tidak ingin menjatuhkan lawannya. Namun Ia juga menang.
·         Wujudkan strategi.
·         Kita perlu refreshing dengan melakukan kebiasaan efektif dan positif
·         Kesetiaan pada visi dan tugas.
Jangan Menyerah
Dalam kehidupan yang kita hadapi kita tidaklah boleh mudah menyrah pada hal seberat apapun.



II.3. ISI LAPORAN

Sekolah Candle Tree mengajarkan berbagai hal mengenai bagaimana menjadi seorang enterprenuer yang baik. Hal itu selalu dijunjung tinggi. Dengan adanya kegiatan MOS, sekolah menanamkan motivasi untuk menjadi pemimpin. MOS juga akan sangat ampuh untuk membentuk kepribadian kita. Kegiatan MOS bukan bersifat mengerjai tetapi memberikan skill kepada para peserta untuk hidup mandiri.
Mengenai ampuhkah kegiatan MOS mempengaruhi kepribadian kita atau tidak jawabannya adalah ya. Karena kegiatan MOS yang memang mirip mengerjai akan membentuk kepribadian yang membuat siswa mandiri. Contohnya seperti harus membawa bekal, membuat kerajinan yang unik. Di Candle Tree tidak menganut senioritas yang membuat semua tingkat kelas sama.


III.1. KESIMPULAN
           
Dari kegiatan yang kurang lebih seminggu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan saya sekarang maupun yang akan datang. Kegiatan MOS di CT sangatlah menarik dan harus dilanjutkan dan menjadi lebih baik lagi. Namun dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan yang berlangsung lebih dari satu minggu ini sangat efektif. Selain untuk kampanye para calon OSIS, kegiatan MOS menjadi salah satu agenda tahunan di CTS yang membuat agenda CTS semakin padat.








III.2. GLOSARIUM

·         Stigma :Kata "stigma" dipergunakan dalam istilah "stigma sosial", yaitu tanda bahwa seseorang dianggap ternoda dan karenanya mempunyai watak yang tercela, misalnya seorang bekas narapidana yang dianggap tidak layak dipercayai.
·         MOS :Masa Orientasi Siswa
·         CTS  :Candle Tree School.
·         OSIS :Organisasi Intra Sekolah

III.3. DAFTAR PUSTAKA

Robby Lumenta. 2010. Catatan Kegiatan MOS Candle Tree 2010/2011. Serpong.

No comments:

Post a Comment